CRYSTAL X ASLI NASA

SOLUSI CERDAS ATASI KEPUTIHAN, ATASI BAU DAN GATAL, BIKIN KESET ,KEMBALI GADIS DAN CEGAH KANKER SERVIKS

Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita

Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita

Apa itu keputihan?

Keputihan normal berupa cairan yang terdiri dari lepasan lendir endoserviks, jaringan leher rahim, jaringan vagina, dan bakteri baik terutama golongan Lactobacillus.

Cairan yang keluar dari alat vital ini sebetulnya adalah suatu cara alamiah untuk membersihkan area kewanitaan, sebagai pelicin, dan juga berperan sebagai benteng pertahanan dari berbagai infeksi.

Banyaknya jumlah cairan keputihan tersebut akan sangat dipengaruhi oleh siklus bulanan/ menstruasi. Pada fase folikel (fase pematangan sel telur) maka jumlah cairan yang keluar akan meningkat dan mencapai puncaknya saat ovulasi (fase pengeluaran sel telur untuk dibuahi), dan cairan pun semakin mengental.

Normalnya, keputihan merupakan lendir berwarna bening atau putih yang keluar dari vagina. Selama ovulasi, sekitar dua minggu setelah menstruasi, vagina menjadi elastis dan licin. Perubahan  warna atau jumlah lendir yang disertai dengan gejalan lain menunjukkan bahwa anda mengalami infeksi.
Vagina biasanya mengandung bakteri. 

Pertumbuhan bakteri dikendalikan dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti tingkat keasaman (pH) dan hormon. Jika keseimbangan bakteri terganggu, maka dapat meningkatkan risiko infeksi atau pertumbuhan berlebih terhadap setiap bakteri normal. Penyebab keputihan meliputi:
  1. Penggunaan antibiotik
  2. Pil KB
  3. Cairan pembersih vagina
  4. Diabetes
  5. Kehamilan
  6. Stres
  7. Pakaian yang terlalu ketat

Keputihan dapat terjadi akibat infeksi:

  1. Jamur, atau bisa juga disebut Candida, jenis jamur normal yang merupakan bagian dari kulit manusia, tetapi juga dapat menyebabkan infeksi.
  2. Gardnerella, jenis bakteri yang ditemukan secara normal dalam saluran kelamin wanita yang merupakan penyebab bakterial vaginosis.
  3. Trichomonas, sejenis protozoa, organisme yang terdiri dari satu sel.

Ciri-Ciri Keputihan Normal

  1. Bentuk: cair / encer
  2. Warna: bening atau sedikit putih
  3. Jumlah : sedikit
  4. Bau: hampir tidak berbau
  5. pH : asam atau sekitar 3,8 – 4,5
  6. Tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri.

Ciri-Ciri Keputihan Abnormal / Keputihan Penyakit

  1. Bentuk: kental
  2. Warna: putih susu, kuning atau hijau
  3. Jumlah: banyak / berlebihan
  4. Bau: tidak sedap
  5. Menimbulkan gatal dan kadang nyeri pada area kewanitaan dan mungkin akan mengandung darah.
Keputihan merupakan salah satu gejala disfungsi vagina. Dimana kelamin wanita dapat berbau, gatal, serta menimbulkan ketidaknyamanan. Vaginitis sendiri adalah terminologi yang umum untuk gangguan pada alat kelamin wanita, yang disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, protozoa, serta peradangan lainnya. Penyebab perubahan tersebut salah satunya adalah infeksi jamur yang ditunjang oleh kelembaban di area kelamin.

Normalnya, cairan genitalia berwarna bening, dan warnanya bisa berubah menjadi kuning terang bila menempel pada pakaian dalam. Lendirnya pun bisa encer atau kental. Pada kasus keputihan bermasalah, cairan tersebut berubah menjadi keabuan atau hijau. 

Aroma yang muncul pun menyengat, gatal hingga panas, sehingga pasien merintih karena nyeri. Jika kondisi ini Anda alami sebaiknya berkonsultasi dengan spesialis obstetri ginekologi.

Cara Menghilangkan Keputihan Wanita

  1. Bersihkan organ intim dengan pembersih yang tidak mengganggu kestabilan pH di sekitar vagina. Salah satunya produk pembersih yang terbuat dari bahan dasar susu. Produk seperti ini mampu menjaga seimbangan pH sekaligus meningkatkan pertumbuhan flora normal dan menekan pertumbuhan bakteri yang tak bersahabat. Sabun antiseptik biasa umumnya bersifat keras dan dapat flora normal di vagina. Ini tidak menguntungkan bagi kesehatan vagina dalam jangka panjang.
  2. Hindari pemakaian bedak pada organ kewanitaan dengan tujuan agar vagina harum dan kering sepanjang hari. Bedak memiliki partikel-partikel halus yang mudah terselip disana-sini dan akhirnya mengundang jamur dan bakteri bersarang di tempat itu.
  3. Selalu keringkan bagian vagina sebelum berpakaian.
  4. Gunakan celana dalam yang kering. Seandainya basah atau lembab, usahakan cepat mengganti dengan yang bersih dan belum dipakai. Tak ada salahnya Anda membawa cadangan celana dalam tas kecil untuk berjaga-jaga manakala perlu menggantinya.
  5. Gunakan celana dalam yang bahannya menyerap keringat, seperti katun. Celana dari bahan satin atau bahan sintetik lain membuat suasana disekitar organ intim panas dan lembab.
  6. Pakaian luar juga perlu diperhatikan. Celana jeans tidak dianjurkan karena pori-porinya sangat rapat. Pilihlah seperti rok atau celana bahan non-jeans agar sirkulasi udara di sekitar organ intim bergerak leluasa.
  7. Ketika haid, sering-seringlah berganti pembalut
  8. Gunakan panty liner disaat perlu saja. Jangan terlalu lama. Misalkan saat bepergian ke luar rumah dan lepaskan sekembalinya Anda dirumah.
Menurut Dr. adhi Bhakti Ginanjar, SpOG Spesialis Kebidanan & Kandungan menjaga kelembapan Mis.V merupakan pencegahan awal untuk menghindari keputihan. Tingkat keasaman yang baik untuk vagina adalah 3,5 . 

Perubahan warna dan bau yang tidak sedap dapat disebabkan karena tingkat keasaaman yang tinggi dan bila dibiarkan kemungkinan terjadi nyeri pada kewanitaan . Untuk menjaga kelembapan vagina maka disarankan untuk tidak membersihkan vagina dengan douching (obat semprot air) karena bisa mengganggu keseimbangan ph pada vagina. Penggunaan douche justru bisa meningkatkan risiko iritasi. 

Cara Menghilangkan Keputihan Wanita Secara Herbal

Keputihan yang normal tidak perlu di khawatirkan , tetapi jika keputihan berlebih dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap hingga menyebabkan rasa sakit atau nyeri maka hal seperti itu yang harus di waspadai. Oleh sebab itu untuk mengatasi nya bisa dengan cara mencegah keputihan secara herbal
  • Akar bayam
Cara mencegah keputihan secara herbal agar kembali normal maka bisa dengan menggunakan akar dari pohon bayam. Karena tidak hanya daun bayam saja yang memiliki manfaat untuk mengatasi kurang darah dan kurang zat besi. Bagian akar bayam dapat di rebus setelah di cabut dari tanah, untuk di rebus setelah di bersihkan. Air dari hasil akar bayam yang akan menjadi pencegah untuk keputihan vagina yang tidak normal.
  • Biji ketumbar
Biji ketumbar memiliki rasa seperti kacang tanah, sehingga banyak di gunakan untuk di buat bumbu masakan. Manfaat biji ketumbar juga bisa di jadikan obat. obat dari air ketumbar akan menjadi cara mencegah keputihan secara herbal.
  • Bawang putih
Cara mencegah keputihan secara herbal dan juga aman bisa dengan menggunakan bawang putih. Walaupun bawang putih jika di konsumsi terlalu banyak akan menyebabkan bau vagina. tetapi bawang putih akan menjadi cara mencegah keputihan herbal jika di gunakan secukup nya. 

Menggunakan bawang putih sebagai pencegahan keputihan yang tidak normal maka tidak perlu khawatir dapat menyebabkan bau vagina yang tidak sedap, karena bawang putih tidak di gunakan untuk di konsumsi, dan menggunakan bawang putih sebagai obat yang akan di berikan di atas vagina, karena bawang putih dapat berfungsi untuk mengatasi bakteri serta jamur yang ada di vagina yang juga menyebabkan vagina mengalami keputihan yang tidak normal.
  • Daun sirih
Daun sirih juga bisa menjadi cara mencegah keputihan secara herbal. Dengan menggunakan daun sirih sebagai minuman atau ramuan obat maka akan mengatasi keputihan yang berwarna kuning serta berbau tidak sedap dan juga amis. Gatal gatal yang di sebabkan oleh keputihan akibat infeksi oleh bakteri dan juga jamur dapat diatasi dengan menggunakan daun sirih rebus.
  • Biji Mangga
biji mangga ternyata memiliki manfaat sehingga tidak hanya berakhir di pembuangan sampah. Biji mangga yang besar yang menjadi penopang isi dari buah mangga ini memiliki manfaat untuk kesehatan yang bermanfaat. Jika mengolah biji mangga dengan cara yang benar maka akan menjadi cara mencegah keputihan secara herbal. 

Mencegah keputihan dengan biji mangga, bisa membuat biji mangga kering terlebih dahulu dengan cara di jemur, dan biji mangga kering alami maka di olah lagi agar menjadi lebih halus. Dan biji mangga halus atau serbuk dari biji mangga dapat di gunakan untuk dicampurkan dengan air minum yang akan menjadi obat mencegah keputihan yang tidak normal.
  • Kunyit
Menggunakan kunyit sebagai obat atau minuman menyehatkan sudah tidak asing lagi, tetapi jika menggunakan kunyit sebagai cara mencegah keputihan secara herbal belum banyak yang mengetahui nya. air kunyit jika di minum degan rutin tidak hanya akan mengatasi nyeri haid saja, tetapi juga akan membantu menyehatkan vagina juga. 

Karena kunyit dapat mengatasi bakteri dan juga jamur yang menginfeksi tubuh sehingga menggunakan kunyit sebagai obat keputihan cara yang ampuh untuk di gunakan.
  • Akar Mawar
Pohon mawar biasa nya hanya di jadikan tanaman hias atau di manfaatkan bunga saja, dan bagian lain dari pohon mawar tidak di gunakan. Padahal akar mawar memiliki fungsi yang cukup bermanfaat untuk vagina. jika ada masalah pada keputihan maka sebaik nya minum air rebusan akar mawar maka akan mengatasi masalah keputihan.
Share this article :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Keputihan Pada Wanita"